10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Supaya Tetap Bersih dan Terjaga

Sugeng rawuh Ecoracing di Portal Ini!

JAKARTA – Para pengendara sebaiknya mengikuti tips merawat mobil saat musim hujan agar mobil tetap bersih dan dalam kondisi baik. 10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Supaya Tetap Bersih dan Terjaga

Saat musim hujan tiba, pemilik mobil sebaiknya merawat mobilnya secara khusus. Ingatlah bahwa air hujan, terutama di kota-kota besar, mengandung asam yang bersifat korosif.

Hal ini nantinya akan berdampak pada rusaknya lapisan cat mobil atau bahkan berdampak pada mesin mobil. Oleh karena itu, tips merawat mobil saat musim hujan berikut ini sangat membantu. Ban Khusus Mobil Listrik Resmi Tersedia di Indonesia

10 Tips Merawat Mobil Saat Hujan 1. Selalu Bersihkan Mobil Pengemudi tidak boleh malas membersihkan mobil yang sudah dipakai saat hujan. Untuk mobil yang baru dikendarai di tengah hujan, sebaiknya dilap dengan kain mikrofiber dan dicuci bila perlu.

2. Berikan perhatian khusus pada jendela mobil Anda. Saat musim hujan, kaca mobil mudah berjamur. Oleh karena itu, bersihkan kaca atau kaca mobil dengan sabun antijamur.

3. Selalu pastikan rumah tetap kering. Jagalah rumah tetap kering saat musim hujan dengan tidak menyimpan barang basah atau melindunginya dengan karpet.

4. Panaskan mobil dengan hati-hati saat tidak digunakan. Jika mobil jarang digunakan di musim hujan, pastikan untuk melakukan pemanasan secara hati-hati agar mesin tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan mesin.

5. Mengemudi dengan kecepatan konstan Ketika Anda menabrak jalur air, diperlukan kecepatan yang konstan. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga jarak dengan mobil di depannya agar kecepatan mobil lebih stabil.

6. Bersihkan bagian dalam secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mobil secara rutin. Ini termasuk membersihkan karpet, pelapis dan trim interior untuk menghilangkan kotoran dan kelembapan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

7. Gunakan penutup mobil. Jika Anda tidak memiliki garasi untuk mobil Anda, pastikan bagian luar mobil selalu tertutup agar tidak langsung terkena air hujan. Ini melindungi bagian luar dari karat.

8. Pertahankan posisi wiper kaca depan. Pastikan wiper kaca mobil Anda dalam kondisi baik dan dapat membersihkan kaca mobil dengan baik. Ganti wiper kaca depan yang aus atau tidak berfungsi. 10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Supaya Tetap Bersih dan Terjaga

9. Lindungi bagian-bagian penting Pastikan Anda melindungi bagian-bagian penting mobil seperti mesin, sistem rem dan kelistrikan dari air hujan dan lumpur. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan perlindungan khusus atau dengan melindungi bagian tersebut dengan kain atau plastik.

10. Gunakan balutan. Gunakan kain pelindung atau wax pada mobil. Ini melindungi cat mobil dari kerusakan akibat air hujan dan kotoran. Itulah sepuluh hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil saat musim hujan. Jangan lupa untuk melakukan servis jika ada masalah pada mobil.