8 Jenis Ikan Koi Populer yang Digemari Pecinta Ikan Hias

Sugeng rawuh Ecoracing di Website Kami!

Jakarta – Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari banyak orang, selain warnanya yang indah, ikan ini juga digemari karena dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. 8 Jenis Ikan Koi Populer yang Digemari Pecinta Ikan Hias

Di masyarakat, ikan koi kerap dianggap sebagai varian ikan mas, padahal secara genetik keduanya tidak sama. Ikan koi merupakan jenis ikan yang termasuk Cyprinus rubrofuscus sedangkan ikan mas termasuk Cyprinus carpio.

Spesies ikan koi bervariasi dalam warna, pola, dan ukuran. Beberapa unsur warna yang umum terlihat adalah putih, hitam, merah, kuning, dan krem.

Lalu apa saja jenis ikan koi? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari berbagai sumber hingga Kamis 20 Juli 2023. Stafsus Menag: Guru Jangan Puas Mengajar, Publikasi Pendidikan Juga Penting

1. Koi Chagoi (200 ribu rupee)

Chagoi merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki harga paling murah di pasaran. Koi chagoi tidak memiliki corak, ciri khas dari koi jenis ini adalah memiliki kombinasi warna abu-abu dengan lapisan kuning keemasan, hampir mirip dengan warna coklat.

2. Koi Sanke (250 ribu rupee)

Sanke merupakan jenis ikan koi yang paling banyak penggemarnya di Indonesia, selain harganya yang tidak terlalu mahal, corak dari ikan koi jenis ini juga cantik dan cerah. Sanke mempunyai ciri warna yang tajam, sirip berwarna putih, coraknya berwarna hitam atau sumi.

3. Koi Ochiba (250 ribu rupee)

Ikan koi ochiba shigure mempunyai ciri khas warna dasar putih pucat, dipadukan dengan pola oranye pucat atau coklat tembaga.

4. Koi Kohaku (500 ribu rupee)

Kohaku juga merupakan salah satu jenis koi yang sangat disukai banyak orang. Koi jenis ini memiliki tubuh berwarna putih, dengan corak merah cerah di berbagai bagian tubuhnya. Koi ini dianggap sebagai salah satu dari “tiga besar” jenis Koi, bersama dengan Sanke dan Showa.

5. Koi Tancho (700 ribu rupee)

Tancho merupakan salah satu jenis koi dengan tubuh berwarna putih keperakan. Ikan jenis ini memiliki tampilan yang sangat minimalis dengan pola kepala melingkar berwarna merah cerah.

6. Koi Shiro Utsuri (700 ribu rupee)

Shiro Utsuri Koi adalah koi berwarna hitam dan putih. Berbeda dengan tipe saudaranya Shiro Bekko, Koi Shiro Utsuri memiliki sebaran warna hitam hingga bagian kepala, sedangkan Shiro Bekko tidak. 8 Jenis Ikan Koi Populer yang Digemari Pecinta Ikan Hias

7. Showa Koi (Rp 1 juta)

Showa merupakan salah satu jenis ikan koi hias. Showa juga dikenal sebagai Showa Sanshoku. Showa memiliki tubuh berwarna hitam, dengan tanda merah dan putih di sekujur tubuhnya. Showa adalah salah satu dari “Tiga Besar”, yang dibentuk oleh Kohaku dan Sanke. Showa awalnya diciptakan oleh Jukichi Hoshino sekitar tahun 1927.

8. Pembunuh Koi (Rp 1,5 juta)

Salah satu jenis ikan koi yang sangat digemari para kolektor ikan hias adalah ikan koi slayer. Ikan ini mempunyai kelebihan pada bentuk tubuhnya yang indah dan warna yang sangat beragam. Koi jenis ini mempunyai ciri sirip yang panjang menyerupai kain. WNI di Jepang heboh memilih pada pemilu 2024 hari ini – Jangan sampai WNI di Jepang memilih bersama pada Minggu 11 Februari 2024 ini. Eco Racing 11 Februari 2024