Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Selamat datang Ecoracing di Portal Ini!

Jakarta – Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Sebuah video yang memperlihatkan pemilik Vision Pro mengenakan headset buatan Apple saat mengendarai mobil Tesla menjadi viral di media sosial. Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg langsung melarang pengguna Vision Pro lainnya melakukan hal serupa. Profil Ferdinandus Hindarto, Rektor yang Tolak Video Apresiasi Jokowi: Pernah Aktif di PSSI, Loyalis UGM

Dalam postingannya di Twitter/X, Buttigieg juga mengunggah cuplikan video yang memperlihatkan seorang pria di belakang kemudi Tesla Cybertruck mengenakan headset Vision Pro. Tangannya terlihat seperti sedang mengetik dan tidak memegang kemudi.

Buttigieg mengatakan, pengemudi mobil self-driving tetap harus memperhatikan jalan saat berkendara. Selain itu, sistem bantuan pengemudi Tesla—Auto, Advanced Pilot, dan Full Self-Driving—bukanlah sistem yang benar-benar otonom.

“Pengingat – semua sistem bantuan pengemudi yang tersedia saat ini mengharuskan pengemudi manusia untuk memegang kendali dan fokus penuh dalam mengemudi setiap saat,” kata Buttigieg dalam cuitannya di X, seperti dikutip BBC, Rabu (7/2/2024).

Parahnya, sistem Autopilot tidak diaktifkan di Tesla Cybertruck Founder’s Edition. Artinya, pengemudi cybertruck tersebut mengemudikan kendaraannya tanpa bantuan apapun dan berpotensi membahayakan banyak orang.

Video lain yang diunggah saat Vision Pro go public memperlihatkan seorang pria yang mengaku dicegat dan ditahan polisi karena memakai headset seharga Rp 55 juta saat mengendarai Tesla.

Video ini diunggah ke X oleh Dante Lentini dan telah dilihat lebih dari 24 juta kali. Namun kepada Gizmodo, Lentini mengaku hanya memakai headset tersebut saat berkendara selama 30-40 detik. Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Headset Vision Pro diluncurkan pekan lalu sebagai produk terbaru Apple setelah Apple Watch. Perangkat audio ini menggabungkan konten digital dengan dunia sekitar pengguna dalam tiga dimensi.

Panduan pengguna yang dikeluarkan Apple memperingatkan pengguna untuk tidak memakai Vision Pro saat mengemudi atau dalam situasi lain yang memerlukan perhatian ekstra. Tesla mengharuskan pengemudi untuk mempertahankan kendali setiap saat, bahkan ketika mode otonom diaktifkan. Tonton video “Apple Vision Pro Resmi Dijual Rp 55 Juta” (vmp/fay)