Kadar Asam Urat Tinggi Sebabkan Penyumbatan di Pembuluh Darah hingga Penyakit Jantung?

Wecome Ecoracing di Website Kami!

JAKARTA – Asam urat merupakan produk limbah yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin adalah zat yang secara alami terdapat di dalam tubuh dan makanan. Bila kadar asam urat dalam darah melebihi ambang batas normal, maka dapat menyebabkan penyakit asam urat atau asam urat. Kadar Asam Urat Tinggi Sebabkan Penyumbatan di Pembuluh Darah hingga Penyakit Jantung?

Asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Asam urat yang tinggi diketahui dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Salah satunya bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, terutama ketika kadar asam urat dalam tubuh mencapai 7,5 mg/dL. Kenali Tanda-tanda Penyakit Tulang Osteoartritis yang Tampak pada Tangan

Apakah begitu? Terkait hal ini, ahli jantung Dr. Disampaikan oleh Sp.JP Melissa Aziz. Ia mencontohkan, sebenarnya ada beberapa penelitian yang menunjukkan hal tersebut.

“Masih abu-abu, namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kadar asam urat dalam tubuh secara tidak langsung menyebabkan kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, seperti tekanan darah tinggi,” ujarnya kepada TvOne Healthy. Kehidupan. program, Kamis, 4 Januari 2024.

Melissa juga menunjukkan bahwa secara teoritis asam urat dapat menyebabkan peradangan pada tubuh kita.

“Secara tidak langsung, ini merupakan tanda adanya peradangan pada pembuluh jantung. Tapi perlu kita lihat apakah ada faktor risiko lain. Tidak langsung, tapi berkaitan,” jelasnya.

Sementara itu, dikaitkan dengan faktor risiko asam urat yang dapat memicu penyakit jantung. Melissa mengatakan seseorang yang berisiko terkena asam urat, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi bisa menjadi faktor risiko kejadian tersebut.

“Faktor risiko penyakit jantung koroner bermacam-macam, ada faktor yang dapat diubah dan ada yang tidak dapat diubah. Kondisi yang dapat diubah antara lain tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan merokok,” ujarnya. . Kadar Asam Urat Tinggi Sebabkan Penyumbatan di Pembuluh Darah hingga Penyakit Jantung?

Melissa menambahkan: “Faktor lain seperti usia dan jenis kelamin, yang tidak dapat diperbaiki, akan muncul ketika kita menjadi lebih berisiko, dan ditemukan bahwa asam urat yang tinggi dapat meningkatkan risiko memicu peradangan pada dinding pembuluh jantung. Hati-hati, penyakit ini rawan kambuh usai Hari Valentine. Banyak pula pasangan yang memutuskan berkumpul untuk makan malam romantis saat perayaan Hari Valentine. Eco Racing 9 Februari 2024