Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Waktu Terlama di Luar Angkasa

Selamat datang Ecoracing di Website Kami!

JAKARTA – Kosmonot Rusia Oleg Kononenko berhasil memecahkan rekor waktu terlama di luar angkasa. Selama lima misi, ia menghabiskan lebih dari 878 hari di orbit, yang berarti hampir dua setengah tahun. Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Waktu Terlama di Luar Angkasa

Kononenko yang berusia 59 tahun mengambil rekor dari rekan senegaranya Gennady Padalka, yang pensiun pada tahun 2017 setelah lima kali berjalan di luar angkasa. Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

Anda sekarang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sekitar 250 mil di atas Bumi. Kononenko, yang misi terakhirnya dimulai pada September 2023, dijadwalkan kembali ke Bumi dalam tujuh bulan, memperpanjang rekor orbitnya sekitar 1.110 hari.

“Saya terbang ke luar angkasa untuk melakukan apa yang saya sukai, bukan untuk memecahkan rekor,” ujarnya kepada TASS Rusia, Senin (5/2/2024).

Kononenko terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada tahun 2008. Itu adalah impian masa kecilnya. “Saya bangga dengan semua pencapaian saya, namun saya lebih bangga lagi karena rekor total durasi tinggal manusia di luar angkasa masih dipegang oleh seorang kosmonaut Rusia.”

Dia mengatakan panggilan video dan pesan memungkinkan dia untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman di Bumi. Namun, setiap kali kembali ke Bumi, ia selalu merasa ada yang hilang.

“Saya baru sadar setelah sampai di rumah, bahwa selama ratusan hari ketidakhadiran saya, anak-anak tumbuh tanpa ayah. Kali ini tidak akan bisa dikembalikan kepada saya,” ujarnya.

Jumlah hari terbanyak di luar angkasa yang dilakukan astronot NASA saat ini adalah pensiunan astronot Amerika Peggy Whitson sebanyak 678 hari dalam empat misi. Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Waktu Terlama di Luar Angkasa

Sementara itu, rekor masa tinggal solo terlama dipegang oleh kosmonot Rusia Valery Polyakov, yang menghabiskan 437 hari 18 jam di stasiun luar angkasa Mir pada pertengahan 1990-an. Astronot Amerika Frank Rubio baru-baru ini mencetak rekor kunjungan tunggal baru untuk astronot NASA ketika ia kembali ke rumah pada bulan September setelah menghabiskan 371 hari di orbit.