Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Sugeng rawuh Ecoracing di Portal Ini!

Eco Racing – Pengguna lensa kontak harus tetap waspada. Ada alasan mengapa alat bantu penglihatan tersebut harus dilepas sebelum berenang, salah satunya adalah untuk menghindari infeksi. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Dalam sebuah kejadian mengerikan, seorang wanita Inggris kehilangan mata kirinya setelah terinfeksi parasit keratitis Acanthamoeba dari air keran saat memakai lensa kontak saat mandi. Marshanda Sukses Pangkas BB 9 Kg, Before Vs Afternya Bikin Pangling

Keratitis Acanthamoeba merupakan infeksi langka yang dapat menimbulkan konsekuensi serius karena sulit diobati. Hal ini disebabkan oleh mikroorganisme pada kornea (lapisan luar mata). Rendering Lensa Lunak (Envato)

Infeksi langka ini paling umum terjadi pada orang yang memakai kacamata, namun siapa pun masih bisa tertular, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Wanita tersebut, Marie Mason, 54, dari Inggris, telah memakai lensa kontak selama 30 hari dan percaya bahwa mikroorganisme telah masuk ke matanya ketika dia memakainya saat mandi.

“Mikroba ini hidup di lensa kontak saya, jadi mata saya penuh dengan itu,” kata Insider di Mason, Sabtu (15 Oktober 2022).

Menurut CDC, mandi dengan lensa kontak atau menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak meningkatkan risiko keratitis Acanthamoeba. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan sakit mata bahkan kebutaan.

John Dart, profesor kehormatan di Institute of Ophthalmology, University College London, mengatakan bahwa antara 150 dan 200 orang di Inggris terinfeksi mikroorganisme setiap tahunnya. Jarang sekali seseorang kehilangan satu matanya, namun dalam sebagian besar kasus, hal ini mengakibatkan hilangnya penglihatan normal.

Mason pertama kali merasa sakit pada tahun 2015 ketika dia menyadari ada yang tidak beres dengan matanya dan merasakan ada sesuatu yang asing seperti pasir di dalamnya.

“Saya mulai merasa ada sesuatu yang asing di mata saya, seperti sedikit pasir atau pasir, dan biasanya jika Anda menggosoknya, benda itu akan hilang, tapi kali ini tidak,” kata Mason. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Gejala keratitis Acanthamoeba antara lain nyeri mata, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, dan sensasi tertentu pada mata. CDC merekomendasikan untuk menemui dokter mata jika Anda mengalami gejala-gejala ini.