Open Finance Bantu Bisnis Perbankan Layani Nasabah Hingga Wilayah Terpencil

Selamat datang Ecoracing di Portal Ini!

Eco Racing – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia, penggunaan dana terbuka dinilai dapat mempercepat transformasi digital perbankan. Open Finance Bantu Bisnis Perbankan Layani Nasabah Hingga Wilayah Terpencil

“Open money dapat menjadi jembatan antara industri perbankan dan fintech untuk mempercepat inovasi dan inklusi keuangan di Indonesia sehingga perusahaan perbankan dapat meningkatkan layanan keuangan dan pendapatan berbasis biaya yang lebih luas,” kata Bhima Yudhisthir, Direktur Eksekutif Center for Economics and Law . Penelitian (Selios).

Open Finance adalah praktik berbagi data yang memungkinkan pengguna berbagi data keuangan mereka dengan pihak ketiga melalui antarmuka pemrograman keuangan (API). Airlangga Wanti-wanti Presiden Baru: Dunia Tidak Baik-baik Saja

Open Finance memungkinkan bank untuk mendigitalkan layanan keamanan

Menurut Bhima, layanan digitalisasi perbankan tradisional berlomba-lomba memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama di daerah yang sulit

Pada saat yang sama, tentunya akan mempengaruhi akses konsumen terhadap beragam layanan keuangan sesuai kebutuhannya

Oleh karena itu diharapkan peraturan terkait open finance dapat segera diterbitkan sehingga dapat mendukung pengembangan sektor jasa keuangan secara lebih luas.

Dukungan terhadap Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025, salah satunya adalah penerapan Standar Nasional Pembayaran Open API (SNAP). Pengenalan SNAP merupakan langkah penting dalam mempercepat open finance, khususnya di bidang sistem pembayaran

Namun perlu adanya peraturan tambahan yang memuat hak dan tanggung jawab berbagai pihak, termasuk pengguna, pihak ketiga, dan masyarakat. Peraturan tersebut juga perlu memuat sanksi bagi pelanggaran, kata Bhimar Antara.

Bhima menjelaskan, Bank Indonesia telah mendorong penerapan open finance melalui SNAP. Namun keberadaan SNAP harus didukung dengan peraturan baru yang lebih mengikat dan mempunyai akibat hukum.

“Memiliki peraturan yang jelas dan mengikat akan membuat lembaga keuangan atau bank dapat lebih leluasa dalam menerapkan open finance dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam menggunakan layanan tersebut. Kami mendukung segera diterbitkannya peraturan open finance OJK agar lembaga keuangan atau bank tersebut” lebih fleksibel. Open money. Open money bisa berjalan lancar di Indonesia,” kata Bhima.

Sebagai salah satu penyedia jasa keuangan terbuka, Brancas juga mendukung penuh upaya pemerintah dalam menerapkan sistem keuangan terbuka di Indonesia.

Husni Fued, country manager Brancas Indonesia, meyakini bank keuangan terbuka akan membantu mempercepat digitalisasi layanan sekaligus meningkatkan penetrasi layanan konsumen. Open Finance Bantu Bisnis Perbankan Layani Nasabah Hingga Wilayah Terpencil

“Sejak beroperasi di Indonesia, Brancas memiliki ekosistem produk API terbesar yang menjadi pilar utama bank, seperti data, sistem pembayaran, dan inovasi produk baru berbasis digital. Kami juga melihat potensi besar untuk pengembangan open finance. Indonesia mempunyai peran yang menentukan dalam percepatan digitalisasi perbankan, ia mengaku menerimanya.

Husni juga menjelaskan, meluasnya penerapan open money akan mendorong penerapan sistem pembayaran digital di perbankan.

Kehadiran open money juga diharapkan dapat mengurangi fragmentasi sektor keuangan dan mempercepat perekonomian digital Indonesia.