Penjualan Mobil Nasional Masih Satu Juta Unit, Ini Kata Gaikindo

Wecome Ecoracing di Situs Kami!

Jakarta: Pasar mobil Indonesia berkembang pesat dengan banyaknya model baru yang menampilkan mobil dengan desain dan teknologi menakjubkan. Hal ini sangat menarik bagi pelanggan yang mencari mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Penjualan Mobil Nasional Masih Satu Juta Unit, Ini Kata Gaikindo

Meski banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan mobil setiap harinya, ternyata penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air masih berkisar di angka satu juta unit per tahun selama satu dekade terakhir. Ford Kembali Berekspansi di Indonesia

Kukuh Kumara, Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan penjualan mobil dalam negeri yang stagnan di kisaran satu juta unit merupakan salah satu tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia.

“Kami sendiri masih mempelajari alasan mengapa penjualan mobil di dalam negeri masih di angka satu juta unit. Ini sedang kami pelajari bersama LBM UI,” kata Kukuh dalam diskusi Forwot bertema Market Forecast of the Automobile 2024, di Jakarta, dan dikutip dari VIVA Otomotiv.

Menurut dia, ada beberapa faktor penyebab sejuta kecurangan penjualan mobil di dalam negeri, termasuk mobil yang sangat mahal, misalnya pertumbuhan ekonomi.

“Jadi konsumennya juga ada pergeseran. Sekarang kebanyakan generasi milenial dari generasi Z, artinya preferensi pasarnya mungkin berbeda-beda,” ujarnya.

Kukuh menambahkan, meski Indonesia sendiri masih didominasi oleh minivan (kendaraan serba guna), namun jika melihat minat generasi milenial mungkin berbeda.

Kalau dulu kalau kita masih aktif hanya power window, sekarang jadi alat. Semuanya harus ada Google Maps dan lain-lain, kata Kukuh.

Situasi ini disebut menjadi tantangan bagi para pelaku industri otomotif, dalam menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan.

“Negara tetangga semakin agresif melindungi industri otomotif dalam negeri. Belum lagi mengundang investor baru, sektor-sektornya juga akan dimudahkan,” ujarnya. Penjualan Mobil Nasional Masih Satu Juta Unit, Ini Kata Gaikindo

“Indonesia harus segera menyikapi persaingan ini, seperti mendorong pertumbuhan kelas menengah Indonesia dan pembangunan infrastruktur,” tutupnya. 681 ribu mobil meninggalkan Jabotabek pada libur Isra Miraj dan Imlek 2024. Eco Racing 11 Februari 2024