Perempuan Menopause Rentan Alami Depresi, Ini Pentingnya Support System

Sugeng rawuh Ecoracing di Situs Kami!

Eco Racing – Menopause merupakan suatu kondisi yang dihadapi setiap wanita yang menyebabkan perubahan hormonal yang gejalanya dapat mempengaruhi produktivitas dan menurunkan kualitas hidup. Perempuan Menopause Rentan Alami Depresi, Ini Pentingnya Support System

Wanita dalam masa menopause, sebagai spesialis pengobatan penyakit jiwa Dr. Dr. Natalia Widiasih, Sp.KJ (K}, MPd.Ked, menjadi penyebab salah berpikir (kerja intelektual), terutama berupa gangguan daya ingat dan bicara, yang dapat menyebabkan depresi di kemudian hari.

Hal ini, lanjutnya, berkaitan dengan produksi estrogen yang berperan dalam mengendalikan neurotransmitter di prefrontal cortex yang berperan dalam pengendalian kerja, dengan mengendalikan saraf yang membangun dan melindungi saraf dari kerusakan sel. . kematian. Beredar Daftar Obat Sirup yang Diduga Mengandung Etilen Glikol, Kemenkes: Informasi Tidak Benar

“Estrogen juga berperan dalam mengatur fungsi mitokondria dan sintesis ATP, yaitu jenis energi yang dibutuhkan sel. Penurunan estrogen selama kehamilan berdampak pada otak karena buruknya fungsi mitokondria,” jelasnya dalam pengumuman tersebut. proyek. dengan topik “Pengetahuan dan Pendapat” Perkumpulan Menopause Indonesia. (PERMINESIA), Rabu (19/10/2022). Menopause (Kesehatan Seksual Dataran Tinggi)

Inilah yang dikatakan Dr. Natalia yang menyebabkan penurunan metabolisme otak, pengendapan beta amuloid, hilangnya sinapsis saraf di otak, dan kemudian menyebabkan penurunan fungsi kognitif hingga demensia.

Selain mempengaruhi kecerdasan, perubahan hormonal juga mempengaruhi kesehatan wanita saat hamil. Wanita menopause seringkali mengalami emosi negatif yang meliputi perasaan cemas, perubahan suasana hati, dan perubahan suasana hati.

Dia menambahkan, penurunan estrogen berperan penting dalam perubahan suasana hati, memengaruhi perannya dalam mengatur sintesis dan metabolisme berbagai neurotransmiter yang terkait dengan emosi, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Perubahan neurotransmitter yang berbeda di hipotalamus, korteks prefrontal, dan sistem limbik dapat menyebabkan suasana hati yang buruk dan perasaan lelah (fatigue).

Ia mengatakan, “Perubahan mood nantinya bisa menjadi lebih buruk dan berujung pada kecemasan dan depresi. Gejala kecemasan, jelasnya, adalah perilaku gelisah, takut, berkeringat, dan sesak napas,” ujarnya.

Sedangkan depresi dapat menyebabkan kelelahan, kelelahan, kantuk, lemas, dan perubahan berat badan yang dapat mengancam nyawa. Selain itu, proses penuaan pada tubuh wanita seringkali membuat mereka kurang percaya diri dan menimbulkan perasaan negatif terhadap dirinya (negative image).

“Banyak faktor lain seperti kekayaan, rendahnya motivasi, penyakit tertentu, riwayat gangguan jiwa, dan karakteristik pribadi dapat memengaruhi suasana hati,” kata Dr. Natalya. Perempuan Menopause Rentan Alami Depresi, Ini Pentingnya Support System

Oleh karena itu, hubungan antara keluarga dan pasangan dapat membantu mengurangi stres akibat penuaan dan membantu wanita menjaga hubungan baik selama ini. Layanan suportif sangat penting dalam membantu wanita menghadapi menopause.

Ketika seks tidak berhasil karena kelemahan, misalnya, pasangan harus menyampaikan ekspektasi mereka tentang seks. Pasangan juga dapat melakukan terapi pasangan untuk membantu orang tua memahami satu sama lain dan mengembangkan strategi untuk menghadapi perubahan kehidupan, hormonal dan psikologis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masa kehamilan ini mempengaruhi hubungan, hubungan, seks, serta harapan dan harapan satu sama lain.