Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Wecome Ecoracing di Portal Ini!

VIVA – Sebentar lagi kami akan menghadirkan berbagai penawaran menarik dari berbagai brand dan e-commerce peserta kampanye Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Sejak diluncurkan pada tahun 2012, acara ini menjadi pesta belanja akhir tahun yang sangat dinantikan. Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Seperti halnya Shopee yang mengadakan sesi belanja langsung Harbolnas di Shopee Live. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan kemarin malam memberikan kejutan dengan menggelar acara live shopping dadakan di Shopee Live pada Senin (23/11/12). Pada pertemuan yang digelar menyambut Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) tanggal 12/12, Mendag berhasil mengekspor rok lipit dan kasual serta sepatu wanita produksi UMKM lokal bersama Shopee yaitu Gosisonline dan Mihayla Shoes.

Zulkifli Hasan tampak terlatih saat berbelanja langsung di Harbolnas di Shopee Live. Ia kerap berinteraksi dengan penonton Shopee Live sambil menampilkan beberapa produk lokal di etalase. Namun Zulhas tampak kaget saat menyinggung harga produk lokal. Kosmonot Rusia Pecahkan Rekor Waktu Terlama di Luar Angkasa

“Wah, berapa daster ini? Cuma 80.000 masih didiskon jadi 60.000? Wah, di Prancis harganya 100, 1,6 juta, kata Zulkifli.

Senada, Zulhas menawarkan kepada penonton sepatu diskon buatan UMKM lokal Bogor, Mihayla Shoes.

“Wah ini sepatunya bagus, harganya 55 ribu, tapi di live action ini hanya ada 26 ribu. Buruan beli, sayang kalau tidak beli,” kata Zulkifli.

Zulhas tak hanya menjadi moderator dalam acara live shopping tersebut, namun juga berbincang dengan dua UMKM lokal yang sukses melakukan ekspor ke Shopee dalam acara tersebut. Ia menjelaskan, industri mempunyai peran strategis dalam mendukung pertumbuhan perekonomian negara.

“UMKM penggerak masa depan perekonomian Indonesia, kenapa? “Karena 64% usaha di Indonesia berasal dari UMKM. Kuncinya, kembangkan UMKM, perekonomian sudah matang.” jelas Zulhas.

Ditegaskan kembali bahwa UMKM lokal bisa lebih berkembang melalui e-commerce: “Semuanya bisa dijual ke luar negeri, semuanya sudah selesai kan? Sebagai Ardi, Anda belajar cara membuka toko dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Kampus Shopee, jadi disana adalah potensi peningkatan omzet yang signifikan.”

Menanggapi pertanyaan Menteri, Pemilik Gosisonline Achmad Ardi Kurniawan menceritakan kisahnya saat memulai bisnisnya di Internet.

“Saya sempat berjualan, tapi pesanan tidak selalu datang. Saya mulai berjualan di shopee pada tahun 2018 dan belajar cara berjualan di kampus shopee. Alhamdulillah setelah 3 bulan berjalan sehari bisa cukup untuk ratusan pesanan pak. “Saat Covid pun pesanan saya mencapai 1000-2000 per hari,” kata Ardi.

Seperti halnya Ardi, pemilik Mihayla Shoes, Esa Bella, merasa bisnisnya berkembang sangat pesat setelah beralih ke sistem online.

“Saya sangat menikmati kesederhanaan sistem penjualan online ini. “Apalagi saat saya bergabung dengan Shopee, saya merasa fitur-fitur seperti seller center sangat membantu saya, begitu juga dengan promosi ganda, dan momen hari libur tidak boleh saya lewatkan karena setidaknya untuk omzet bisa meningkat 2-3. kali,” kata salah satu orang. Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Sejauh ini, Shopee tercatat banyak berinvestasi pada UKM lokal. Bukan hanya karena fitur pemasaran unggulan yang meningkatkan omset UMKM seperti Gosisonline dan Mihayla Shoes, tetapi juga membantu mereka berkembang secara global.

Contohnya adalah Program Ekspor Shopee yang memungkinkan UMKM lokal menjual produknya ke Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Selain itu, beberapa inisiatif pengembangan UMKM melalui Bimbingan Shopee, Kampus UMKM Shopee dan Gerakan Ekspor Serentak juga menjadi bentuk nyata dukungan terhadap kemajuan ekonomi kreatif tanah air. Layanan pesan antar berdampak pada pertumbuhan usaha kecil dan menengah. Di dunia digital ini, transaksi jual beli semakin mudah. Selain itu, keuntungan UMKM juga meningkat signifikan. Jasa pengiriman barang mempunyai dampak besar terhadap pertumbuhan UKM. Eco Racing 12 Februari 2024