Siloam Hospitals Semanggi Berikan Perawatan Paliatif Terbaik untuk Pasien Kanker

Selamat datang Ecoracing di Situs Kami!

Eco Racing – Menyambut pergerakan Hari Kanker Internasional 2022 pada tanggal 8 Oktober, MRCCC Siloam Hospitals Seranggi mengadakan edukasi bertajuk “Never Alone:​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​…, Koordinator Perawatan Paliatif MRCCC, Kamis (6/10/2022) dihadiri ratusan peserta dari keluarga pasien MRCCC dan berbagai komunitas penyintas kanker. Siloam Hospitals Semanggi Berikan Perawatan Paliatif Terbaik untuk Pasien Kanker

Mereka memberikan informasi tentang Perawatan Paliatif sebagai cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pasien, keluarga dan perawat. Perawatan diberikan melalui pengelolaan dan pencegahan nyeri dan keluhan fisik lainnya, serta masalah psikologis, sosial dan spiritual.

Dr. Venita mengatakan, di masa sulit yang dialami pasien kanker, perawatan paliatif sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pasien dengan pendekatan yang menyeluruh dan komprehensif, termasuk dukungan terhadap keluarga. Perawatan paliatif juga tidak terbatas hanya diberikan pada pasien kanker stadium tertentu saja, namun dapat dimulai pada stadium dini dan juga pada kondisi non-kanker.” Perawatan paliatif di RS MRCCC Siloam Semanggi melibatkan tim multidisiplin yaitu dokter dari berbagai bidang. layanan spesialis, perawat, tim “Perawatan” yang komprehensif, relawan dan pendeta. Tim multidisiplin ini merawat pasien kanker agar mereka lebih nyaman melalui masa-masa sulit dari awal diagnosis, hingga akhir hidup, hingga momen duka keluarga, ” kata dr Venita yang juga aktif di Yayasan Kanker Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Eco Racing, Selasa (18/10/2022). Prabowo Sebut Berenang Bagus untuk Dirinya, Ini Sederet Manfaat Olahraga Air Ini

Pasien dan keluarganya dapat mengakses layanan perawatan paliatif di RS MRCCC Siloam Semanggi melalui konsultasi langsung di klinik paliatif, kunjungan ke kamar pasien, telekonsultasi, dan layanan Home Care atau kunjungan tim perawatan paliatif yang terdiri dari dokter dan perawat di rumah pasien sebagai Sehat. tersedia

Perawatan paliatif memberikan pendekatan kesehatan terpadu yang bersifat fungsional, yaitu pendekatan multidisiplin yang terintegrasi antara dokter, perawat, fisioterapis, pekerja sosial medis, psikolog, ahli gizi, pendeta, relawan dan profesi penting lainnya.

Dr. Venita mengingatkan, beberapa prinsip perawatan paliatif menghormati proses hidup dan mati setiap orang sebagai proses normal. Prinsip lainnya adalah menghormati keinginan pasien dalam mengambil keputusan, berusaha menghilangkan rasa sakit dan keluhan lain yang mengganggu, serta mengintegrasikan aspek psikologis, sosial, dan spiritual dalam perawatan pasien dan keluarga.

Merujuk pada prinsip perawatan paliatif, maka dapat dikatakan bahwa pengobatan seorang pasien tidak dapat dialihkan kepada pasien lain. Tim Paliatif akan menyesuaikan pengobatannya sesuai dengan kondisi dan kenyamanan masing-masing individu pasien. Tim juga selalu memberikan dukungan yang diperlukan agar pasien tetap aktif sesuai kondisinya.” “Sampai akhir hayatnya, bahkan untuk menghidupi keluarga di saat-saat sedih,” ujarnya.

Tim perawatan paliatif atau tenaga kesehatan yang fokus pada perawatan paliatif harus mempunyai sikap peduli terhadap pasien (empati), menghargai pasien sebagai manusia, mempunyai pengetahuan dan keterampilan kedokteran, serta peduli dalam mengomunikasikan aspek-aspek budaya seperti suku, ras, agama, dan lain-lain. . Faktor budaya lain mungkin mempengaruhi toleransi pasien.

“Persetujuan pasien dan/atau keluarga diperlukan sebelum perawatan paliatif,” kata Dr. Venita.

Layanan paliatif di RS Siloam MRCCC Semanggi memiliki beberapa keunggulan. Di setiap tingkat perawatan untuk pasien kanker dan keluarganya, tim perawatan paliatif memiliki pengetahuan dan pengalaman terkini, dan perawatan yang diberikan bersifat personal dan “disesuaikan” antar individu.

Misalnya, bagi pasien yang merencanakan perawatan paliatif di rumah, akan disiapkan beberapa hal spesifik seperti akses terhadap pengobatan, transfer pasien, fasilitas ruang perawatan, caregiver, serta penentuan berbagai target pengobatan untuk menjamin kepuasan pasien dan keluarga. Siloam Hospitals Semanggi Berikan Perawatan Paliatif Terbaik untuk Pasien Kanker

Dr. Venita menjelaskan, caregiver (mitra pasien) juga menjadi fokus perawatan, sekaligus sebagai perawatan paliatif pasien itu sendiri. Caregiver juga akan mendapat edukasi dan pemahaman tentang perawatan pasien agar bisa diberdayakan, dan kesejahteraan caregiver juga akan menjadi pertimbangan.

“Bagi pasien yang merasa membutuhkan dukungan, jangan ragu untuk datang kepada kami. Tim mitigasi MRCCC akan membantu dengan keterampilan dan pengetahuan mereka. Selain kami, ada juga dukungan dari Tim Samudra Kasih MRCCC yang meliputi Survivors dan Warriors. “Kanker yang aktif berkontribusi dan mendampingi pasien dan keluarga yang membutuhkan,” jelas dr. Venita.