Turunkan Kolesterol, Makanan Apa Saja yang Harus Dikurangi?

Wecome Ecoracing di Portal Ini!

Eco Racing, JAKARTA — Kolesterol merupakan zat lemak yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika kolesterol dalam darah terlalu banyak, hal ini bisa menjadi masalah. Sebab, itu berarti terdapat kelebihan lemak di pembuluh darah. Turunkan Kolesterol, Makanan Apa Saja yang Harus Dikurangi?

Menurunkan kadar kolesterol adalah kunci gaya hidup sehat. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, termasuk mengurangi jumlah makanan yang Anda makan. Tak hanya gula dan karbohidrat, dokter umum Bhavini Shah juga mencantumkan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Marshanda Sukses Pangkas BB 9 Kg, Before Vs Afternya Bikin Pangling

Dr Shah mengatakan, terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan kemacetan di arteri. Mungkin ada risiko kesulitan aliran darah. Seiring waktu, hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Oleh karena itu, pengelolaan kadar kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan, ujarnya, seperti dikutip laman Daily Record, Selasa (6/2/2024).

Shah yang merupakan dokter umum di LloydsPharmacy Online Doctor menjelaskan bahwa target kadar kolesterol baik seringkali bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, kondisi kesehatan, dan risiko penyakit jantung. Namun, kadar kolesterol bisa berbeda-beda jika pasien sembuh dari suatu penyakit, melahirkan, atau mengonsumsi obat.

Orang dewasa yang sehat harus memiliki kadar kolesterol darah total minimal 5 mmol/L. Sementara itu, bagi wanita, dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol baik (HDL) di atas 1,0/mmol/L atau di atas 1,2/mmol/L dan kolesterol jahat. kolesterol (non-HDL) di bawah 4mmol/L.

Untuk menurunkan kolesterol, Shah menganjurkan untuk mengurangi makanan tinggi lemak, terutama makanan tinggi lemak jenuh. Artinya menghindari konsumsi makanan berlebihan seperti daging merah, sosis dan pie, produk susu berlemak penuh, dan gorengan.

Yang terbaik adalah memilih lemak tak jenuh seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Tips lainnya, Shah juga menganjurkan untuk berhenti merokok dan menghindari alkohol yang juga berpotensi menyebabkan kolesterol tinggi. Turunkan Kolesterol, Makanan Apa Saja yang Harus Dikurangi?

Selain itu, hindari makanan olahan atau makanan olahan khusus yang terlalu banyak mengandung gula, garam, dan lemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.