Wisata Kawah Gunung Populer di Jawa Tengah, Ada Ungaran dan Sikidang Dieng

Selamat datang Ecoracing di Portal Ini!

SEMARANG – Tempat wisata pegunungan di Jawa Tengah memang banyak sekali. Karena wilayah ini berada di cincin api, terdapat banyak gunung berapi. Tak heran jika banyak terdapat kawah gunung berapi aktif di provinsi ini. Beberapa di antaranya bahkan bisa dikunjungi wisatawan. Wisata Kawah Gunung Populer di Jawa Tengah, Ada Ungaran dan Sikidang Dieng

Kawah Ungaran di Kabupaten Semarang dan Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng cukup terkenal di Kabupaten Wonosobo. Bagaimana kecantikannya? Ayo, kupas satu per satu.

Kawah Gunung Ungaran Sensasi Menginap Mewah Sambil Nikmati Pemandangan Kota 360 Derajat

Kawah Gunung Ungaran tersembunyi di balik perbukitan di lereng selatan Gunung Ungaran. Pintu masuk menuju pintu masuk melalui gerbang kompleks Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Bandungan.

Kebanyakan wisatawan lebih memilih berjalan menyusuri jalan beton mulus menuju kawah sambil berolahraga. Yang lain menyewa kuda. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati banyak candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7 M menurut informasi dari kompleks candi. Anda juga dapat menikmati pemandangan lembah yang terkadang berkabut dan hutan pinus yang ditata dengan apik.

Setelah melewati tiga kompleks candi, terdapat jalan setapak dengan tangga menuju ke kawah. Kawahnya ada di sebelah kanan. Asap mengepul disertai suara gemuruh yang keras di antara kedua batu tersebut. Bunyi desisan asap yang keluar dari lubang-lubang tersebut diibaratkan warga sekitar dengan hembusan napas tokoh Wayang Dasamuka.

Di dalam kawah terdapat sumber air panas belerang. Pengelola kemudian mencuci pipa tersebut dan mengumpulkannya di kolam besar yang digunakan sebagai pemandian air panas.

Kawah Sikidang

Sekarang kita menuju Kawah Sikidang. Merupakan kawah terbesar di Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, dengan luas lebih dari 10 hektar. Kawasan luas ini memiliki ratusan lubang kecil yang mengeluarkan asap panas. Lubang terbesar berada di dekat bukit di ujung barat.

Kawah raksasa itu benar-benar bergolak dan bergemuruh disertai semburan lumpur panas dan asap yang tebal dan meninggi. Pihak berwenang telah memasang pagar pelindung untuk mencegah wisatawan terlalu dekat dengan kawah.

Bau asap merupakan ciri khas bau belerang yang menyengat. Jika pengunjung ingin melihat bagian dalam kawah, mereka bisa mencari tempat yang lebih tinggi. Nantinya, jika angin meniupkan asap tersebut, maka lumpur kawah akan mendidih dan menggelembung hingga menjadi bening. Wisata Kawah Gunung Populer di Jawa Tengah, Ada Ungaran dan Sikidang Dieng

Kawah Sikidang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Di sekitar Kawah Sikidang terdapat Telaga Warna, Telaga Merdada, Bukit Sikunir dan juga kompleks Candi Dieng.

Kawasan ini mudah dijangkau dari Semarang, Magelang, Yogyakarta dan Purvokerto menggunakan jalur utama melalui Kota Wonosobo.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno Situasi terkini Gunung Marapi di Sumbar Situasi terkini Gunung Marapi di Sumbar Eco Racing 29 Januari 2024